Kampung Batik Lawean Solo

Kota Solo identik dengan kerajinan budaya yaitu batik. Batik memang sangat terkenal di Kota Solo, hingga terdapat sebuah kampung yang dinamakan Kampoeng  Batik Laweyan.

Kampoeng Batik Laweyan ini letaknya memang di Laweyan. Laweyan sendiri telah memiliki cerita sejarah yang sangat panjang bahkan sebelum Kota Surakarta berdiri.

Dan batik di Kota Solo ini, awal munculnya bermula di Kampung Laweyan ini.

Dulu, pada jaman Kerajaan Pajang Abad XIV, daerah Laweyan merupakan pusat niaga berupa produk-produk pakaian. Salah satu tokoh dan sesepuh di Laweyan, yaitu Kyai Ageng Henis memperkenalkan dan mengajarkan cara membatik kepada masyarakat di sekitarnya. Dari situlah batik semakin berkembang dan terus diproduk secara turun-temurun hingga saat ini. Di Kampoeng Batik Laweyan ini, kita dapat menyaksikan secara langsung proses membatik mulai dari pemilihan kain, hingga proses pewarnaan. Bagi yang ingin belajar membatik, di Kampoeng Batik Laweyan ini juga menyediakan Paket Kursus Kilat Membatik.

Suasana batik sangat terasa di Kampung Laweyan ini. Ketika kita memasuki kampung ini, di kiri-kanan banyak sekali showroom-showroom batik yang menjual berbagai macam motif batik khas Solo.

Tak hanya dapat menikmati karya-karya batik saja, tetapi ketika kita berada di Kampoeng Batik Laweyan kita akan disuguhi bangunan-bangunan tua nan megah yang berdiri di kampung Laweyan ini. Jadi dahulu ceritanya ketika masa kejayaan, para saudagar batik di Kampung Laweyan ini membangun tempat tinggalnya masing-masing dengan arsitektur yang megah. Dan hingga saat ini, bangunan tersebut masih tetap dilestarikan dan digunakan oleh generasi berikutnya.

Yang sangat mengesankan adalah, para pengrajin batik ini enggan menggunakan alat produk mesin untuk memproduksi batiknya. Mereka ingin hasil batiknya dapat diproduksi melalui tangan-tangan seni para pengrajin di Kampung Laweyan. Sehingga kualitas dan nilai seni yang terkandung di dalam batik-batik ini sangat terasa.

Tak heran jika harga kain batik di Kampoeng Batik Laweyan ini bisa sampai jutaan.

Banyak sekali turis asing maupun lokal yang selalu singgah di Kampoeng Batik Laweyan ini. Karena kampung ini memang memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi khususnya di Kota Surakarta.


sewa mobil solo, rental mobil solo, solo rent car, jasa rental mobil solo, jasa sewa mobil solo, sewa mobil di solo, rental mobil di solo, sewa mobil solo murah, rental mobil solo murah